Home / Warta Pramuka

Kamis, 6 April 2023 - 03:50 WIB

Rakercab Gerakan Pramuka Lamongan, Kamabicab Berpesan Untuk Rebranding Gerakan Pramuka di Lamongan

Kwarcab Lamongan – Menutup pelaksanaan Rakercab  Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lamongan pada Rabu (5/4) di Ruang Pertemuan Gajah Mada Pemkab Lamongan, Kamabicab yang juga merupakan Bupati Lamongan Kakak  Yuhronur Efendi berterima kasih atas terselenggaranya rapat dengan baik. Menurut beliau melalui Rakercab ini menunjukkan bahwa Pramuka Lamongan kegiatannya telah dan masih berjalan dengan baik, organisasinya hidup dan dinamis, sehingga harus terus bergerak maju ke depan untuk kejayaan Lamongan yang berkeadilan.

Dalam kesempatan itu, Kakak Yuhronur Efendi juga meyampaikan  bahwa tantangan yang harus dihadapi kedepannya sangat besar. Oleh karenanya, pramuka Lamongan harus terus melakukan rebranding  dan refresh terhadap Gerakan Pramuka sehingga pramuka tidak terkesan jadul (kuno/ jaman dulu).

Beliau menambahkan, bahwa tidak semua yang dikatakan jadul ini berarti memiliki konotasi buruk. Terdapat substansi-substansi baik yang tetap perlu untuk dipertahankan.

Baca Juga :  Kwarcab Lamongan Launching Pramuka Pra-Siaga Sebagai Sarana Pendidikan Karakter

“Tidak semuanya yang jadul itu jelek, ada beberapa substansi yang masih baik, salah satunya membaca. Saat ini melalui digitalisasi, substansi membaca ini harus tetap dijaga dan menjadi yang terbaik. Untuk itu tantangan kedepan Pramuka Lamongan harus terus dibranding, direfresh, dan di re re re  yang lain, sehingga menjadi bangkit kembali, dan kegiatannya Pramuka tetap menjadi pilihan anak bangsa untuk masa depan yang lebih baik,” imbuhnya.

Dilaporkan Kakwarcab  Lamongan Kakak Moh. Nalikan, kegiatan tersebut diikuti oleh 200 peserta yang terdiri dari 72 orang pengurus dan andalan cabang, 3 orang utusan satuan komunitas, 17 orang anggota DKC (Dewan Kerja Cabang), 27 orang Ketua Majelis Pembimbing Ranting, dan 81 orang utusan Kwartir Ranting.

Baca Juga :  Kwarcab Lamongan Gelar Pesta Siaga 2023

“Rakercab 2023 ini dimaksudkan untuk mengevaluasi pelaksanaan program tahun 2022, mensosialisasikan program tahun 2023, menginventarisasi hal-hal penting yang terkait pembinaan pramuka di Kabupaten Lamongan, juga memberikan berbagai informasi terbaru tentang gerakan pramuka,” terangnya.

Dalam Rakercab yang mengambil tema ‘Gugus Depan Produktif, untuk Kejayaan Lamongan’ ini juga diserahkan bantuan APE (Alat Peraga Edukatif) kepada 42 TK  di 7 kecamatan yang terdampak banjir (Turi, Karangbinangun, Kalitengah, Karanggeneng, Laren, Glagah, Deket). Selain itu diserahkan pula trophy untuk pemenang Lomba Upacara Pembukaan Latihan Pra Siaga tahun 2023 untuk Kwartir Ranting Solokuro (juara 1), Kwarran Deket (juara 2), Kwarran Glagah (juara 3), Kwarran Maduran (harapn 1), Kwarran Kembangbahu (harapan 2), Kwarran Tikung (harapan 3), dan Kwarran Mantup (juara favorit).

Editor : Chafid

Share :

Baca Juga

Warta Pramuka

Ulang Janji Pramuka Kwarcab Lamongan, Siap Cetak SDM Unggul

Warta Pramuka

Pemkab Lamongan Fasilitasi Pendidikan dan Kesehatan Warga Terdampak Banjir

Warta Pramuka

Kwarcab Lamongan Launching Pramuka Pra-Siaga Sebagai Sarana Pendidikan Karakter

Warta Pramuka

Pramuka Kwarcab Lamongan Kolaborasi dengan Pemkab Lancarkan Aliran Sungai Bengawan Njero

Kiriman Pembaca

Santan Ramadhan Agenda Berbagi Kebahagiaan dengan Anak-anak Panti Asuhan di Kabupaten Lamongan

Warta Pramuka

Meraih Predikat Regu Penggalang Putri Berprestasi ke 3 di LT IV Kwarda Jawa Timur Tahun 2022, Kwarcab Lamongan Berikan Apresiasi
LT III Gunung Mas

Warta Pramuka

Antusias Peserta LT III Kwarcab Lamongan Tahun 2022

Warta Pramuka

750 Pengurus Pramuka Lamongan, Ikuti Perkemahan Dalam Rangka Pelantikan dan Orientasi