Home / Kiriman Pembaca / Warta Pramuka

Sabtu, 5 Agustus 2023 - 18:54 WIB

Peduli sampah, sulap jadi kostum kreatif dalam Giat Penerimaan Tamu Ambalan

Kwarcab Lamongan – SMA Negeri 1 Paciran, Sabtu, 5 Aguustus 2023 – Dalam Rangka Penerimaan Tamu Ambalan, Pramuka SMA Negeri 1 Paciran gelar kampanye daur ulang sampah menjadi kostum yang indah dan unik.

Sampah memang identik dengan sesuatu yang kotor dan menjijikkan. Namun, di tangan para anggota Pramuka SMA Negeri 1 Paciran ini, sampah bisa disulap menjadi busana cantik dan memiliki nilai seni tersendiri. Hal itu ditunjukkan dalam peragaan fashion show yang digelar pada kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan.

Mengangkat Kampanye daur ulang sampah dikemas dalam perlombaan fashion show yang unik dan kreatif. Kegiatan yang berlangsung di halaman sekolah ini mengusung tema yang sangat relevan dengan isu lingkungan, mendesain kostum dari sampah bekas dan sampah daur ulang.

Baca Juga :  Gerakan Pramuka Lamongan Gelar Rapat Kerja Cabang 2023

Dalam acara ini, Anggota Pramuka kelas X SMA Negeri 1 Paciran berpartisipasi dengan antusias, menunjukkan bakat dan kreativitas mereka dalam merancang kostum dari bahan-bahan yang sebelumnya dianggap sebagai sampah. Ini menjadi kegiatan daur ulang dan pengelolaan limbah menjadi inspirasi bagi siswa lainnya untuk menciptakan kostum yang indah dan unik.

Sekilas pakaian yang di gunakan para model ini mungkin terlihat cantik, tapi jika diperhatikan lebih jelas Anda akan sadar baju-baju yang dibawakan dalam fashion show ini berbahan dasar koran bekas, kantong plastik bekas, koran bekas dan botol. Baju-baju ini adalah kreasi pakaian oleh Anggota Pramuka SMA Negeri 1 Paciran. Kostum terbuat dari sampah, tetapi hasil akhir dari desain para siswa-siswi ini tak kalah bagus dari desainer.

Baca Juga :  Pemkab Lamongan Fasilitasi Pendidikan dan Kesehatan Warga Terdampak Banjir

“Sejalan dengan Program Kwarda Jatim yaitu Gugus depan produktif dan upaya pengelolaan sampah melalui pola 3R, maka kegiatan fashion show kreasi baju daur ulang merupakan salah satu langka konkrit kita dalam mendaur ulang sampah menjadi produk yang bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis. Ungkap Kak Ernawati Selaku Pembina Gudep 182.

Lanjutnya “Melalui momentum lomba kreasi baju daur ulang ini, tentu menjadi kewajiban dan hak setiap orang baik secara individu maupun secara kolektif untuk perpartipasi dalam pemanfaatan dan pengelolaan sampah dalam upaya menciptakan lingkungan yang baik, bersih, dan sehat, kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi.” tutupnya.

Reporter : Jesuraka Scout

Share :

Baca Juga

Warta Pramuka

Kwarcab Lamongan Adakan Seleksi Raimuna Nasional XII Tahun 2023

Warta Pramuka

Ulang Janji Pramuka Kwarcab Lamongan, Siap Cetak SDM Unggul

Warta Pramuka

Rakercab Gerakan Pramuka Lamongan, Kamabicab Berpesan Untuk Rebranding Gerakan Pramuka di Lamongan

Warta Pramuka

Kwarcab Lamongan Melepas Kontingen Raimuna Nasional XII 2023

Warta Pramuka

Kwarcab Lamongan Launching Pramuka Pra-Siaga Sebagai Sarana Pendidikan Karakter

Warta Pramuka

Meraih Predikat Regu Penggalang Putri Berprestasi ke 3 di LT IV Kwarda Jawa Timur Tahun 2022, Kwarcab Lamongan Berikan Apresiasi

Kiriman Pembaca

Santan Ramadhan Agenda Berbagi Kebahagiaan dengan Anak-anak Panti Asuhan di Kabupaten Lamongan

Warta Pramuka

Apel Besar HUT Pramuka Ke 61, Kak Yuhronur Efendi Mengajak Anggota Pramuka Mengabdi Tanpa Batas